Contoh Laporan Hasil Penelitian Mata Kuliah Penelitian Pendidikan

BAB I
HASIL OBSERVASI
1.1 Sarana dan Prasarana
Menurut Ketentuan Umum Permendiknas (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) No. 24 tahun 2007. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah, sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah. Sarana pendidikan antara lain gedung, ruang kelas, meja, kursi serta alat-alat media pembelajaran. Sedangkan yang termasuk prasarana antara lain seperti halaman, taman, lapangan, jalan menuju sekolah dan lain-lain.

Di SDN 02 Le......, sarana dan prasarana yang disediakan untuk menunjang proses pembelajaran a.l :

1. Papan tulis       (2 buah)
    • Blackboard       (1 buah)
    • Whiteboard       (1 buah)
2. Foto presiden dan waki presiden      (2 buah)
3. Bendera merah putih       (1 buah)
4. Almari               (1 buah)
5. Jam dinding       (1 buah)
6. Meja dan kursi       (25 pasang)
7. Visi Misi Sekolah       (1 buah)
8. Sapu dan tempat sampah       (1 buah)
9. Globe               (1 buah)
10. Washtafel       (1 buah)
11. Tirai               (6 buah)
12. Gambar Penunjang Pembelajaran  (12 buah)

Contoh Laporan Hasil Penelitian Mata Kuliah Penelitian Pendidikan

1.2 Media dan Sumber Belajar
      • Kelas : V SDN 02 Le......
      • Guru : Sih........, S. PdSD
      • Mata Pelajaran : Matematika
      • Materi Ajar : Pecahan decimal
      • Sumber Belajar : Buku paket kelas V SD

Media adalah sebuah alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari pemberi pesan (guru) kepada penerima pesan (siswa).

Di SDN 02 Le...... media yang tersedia di kelas berupa :
1. Globe (bumi tiruan).
2. Gambar pahlawan.
3. Gambar siklus hujan.
4. Gambar pasang surut air laut.
5. Gambar Peta dunia.

Contoh Laporan Hasil Penelitian Mata Kuliah Penelitian Pendidikan

Sedangkan sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

Di SDN 02 Le...... guru menggunakan sumber belajar dalam menyampaikan isi pembelajaran yang berupa Buku Paket dan alat pembelajaran, guru menggunakan papan tulis.


1.3 Pengaruh Guru dalam Aktivitas Pembelajaran
Nama Guru : Si......S.Pd.SD
Guru Kelas : V (lima)
Proses pembelajaran ataupun kegiatan belajar mengajar tidak bisa lepas dari keberadaan guru. Tanpa adanya guru pembelajaran akan sulit dilakukan, apalagi dalam rangka pelaksanaan pendidikan formal, guru menjadi pihak yang sangat vital. Guru memiliki peran yang paling aktif dalam pelaksanaan pendidikan demi mencapai tujuan pendidikan yang hendak dicapai.

Di SDN 02 Le...... guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, guru menggunakan metode Teacher Center (ceramah) dan penugasan, karena di SDN 02 Le...... masih menggunakan kurikulum KTSP sebagai pedoman pembelajaran. Guru sering mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung.

(1.3 gambar : teacher Center)

1.4 Sikap Siswa dalam Pembelajaran
Di SDN 02 Le......, peserta didik (siswa) juga menjadi penentu yang mempengaruhi proses pembelajaran. Diantara pengaruh peserta didik dalam proses pembelajaran adalah kondisi peserta didik itu sendiri. Misalnya, siswa mengganggu teman sekelasnya, gaduh saat proses pembelajaran dan ada juga siswa yang tidak mau mengerjakan soal-soal yang telah diberikan.

Data penelitian di SDN 02 Le...... yaitu :
- Guru kelas 5 (lima) SDN 02 Le......
- 24 peserta didik kelas 5 (lima) SDN 02 Lebakharjo yang terdiri dari siswa laki-laki 13 orang dan siswa perempuan 11 orang.

Guru di SDN 02 Le...... menerapkan variasi tradisional, variasi tradisional ini diselingi dengan perpindahan tempat duduk siswa yang bergantian setiap harinya. Dan variasi tradisional cukup efektif untuk siswa-siswa kelas 5 (lima) SDN 02 Le......, karena  dengan menggunakan variasi tradisional yang diselingi dengan perpindahan tempat duduk ini dapat menunjang proses pembelajaran yang berlangsung.

Contoh Laporan Hasil Penelitian Mata Kuliah Penelitian Pendidikan


BAB II
SOLUSI PERMASALAHAN

2.1 Sarana dan Prasarana
Di SDN 02 Le...... sarana dan prasarana sudah baik dan rapi, dan dapat menunjang proses pembelajaran. Sirkulasi udara di dalam kelas juga baik, mengingat tempat sekolah yang jauh dari keramaian dan jalanan umum, juga denah tempat duduk yang rapi, di depan kelas juga terdapat kran untuk membasuh tangan.

2.2 Media Dan Sumber Belajar
Dalam pembuatan media pembelajaran, guru masih menggunakan media yang berupa gambar atau miniature dalam menyampaikan setiap informasi pembelajaran, dibandingkan menggunakan LCD Proyektor. Guru memberikan kreativitas siswa dalam membuat media sendiri. Seperti : pembuatan bunga plastic untuk pembelajaran IPA.

Contoh Laporan Hasil Penelitian Mata Kuliah Penelitian Pendidikan

2.3 Pengaruh Guru Terhadap Pembelajaran
- Permasalahan : Guru di SDN 02 Le...... yang menggunakan metode Teacher Center (ceramah) dan penugasan.

- Solusi : Dalam penerapan metode ceramah guru hendaknya memiliki keterampilan menjelasan dengan bahasa, suara, gaya dan sikap yang baik serta menarik perhatian siswa. Dan bisa juga mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman guru sendiri atau peserta didik dalam kehidupan nyata. Sehingga peserta didik memperoleh wawasan yang luas tentang suatu materi pelajaran dan pada gilirannya akan merangkan tumbuhnya daya imajinasi. Guru di SDN 02 Le...... lebih mampu memahami karakteristik dan keinginan siswanya dengan menggunakan metode yang variatif yang mampu menggugah kreatifitas siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

- Permasalahan : Guru di SDN 02 Le...... sering mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung.

- Solusi : Sebaiknya guru di SDN 02 Le...... harus lebih komunikatif dengan peserta didik sehingga dapat menyesuaikan kondisi siswa.

2.4 Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran
Permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran di SDN 02 Le......, yaitu :
• Siswa mengganggu teman sekelasnya
• Gaduh saat proses pembelajaran
• Siswa yang tidak mau mengerjakan soal-soal yang diberikan

Solusi yang tepat untuk permasalahan diatas, yaitu:
• Pada awal pembelajaran, berikanlah games menarik kepada anak didik. Misalnya : bertepuk tangan, tebak tebakan, bernyanyi bersama, bercerita, kuis berhadiah dan lain-lain.

• Selipkan humor dikala mengajar. Dapat pula permainan tepuk-tepuk dan lain-lain. Jika siswa masih saja gaduh maka cobalah perhatikan apa yang sedang mereka bicarakan, sehingga dapat menegurnya.

• Buatlah materi pembelajaran yang menarik bagi anak. Buatlah suasana yang menggembirakan siswa saat menerima pelajaran. Jangan tegang saat mengajar dan gunakan intonasi suara yang menarik perhatian.

Semoga Bermanfaat dan menambah bahan referensi anda.

Subscribe to receive free email updates: