MAKALAH KONSEP DAN HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN SD


MAKALAH KONSEP DAN HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN SD

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam penyelenggaraannya pendidikan nasional telah menghadapi berbagai permasalahan. Di dalam dunia sekolah erat kaitanya dengan kegiatan bel;ajar mengajar. Bel;ajar adalah kegiatan yang dilakukan siswa atau seseorang guna mendapatkan ilmu. Sedangkan mengajar adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk memberikan ilmu kepada siswa.Dalam kegiatan pembelajaran pasti memiliki tujuan yang harus dicapai.Tujuan tersebut dapat dicapai dengan adanya strategi.Strategi pembelajaran marupakan sebuah upaya yang dilakukan agar terciptanya sebuah tujuan pembelajaran.
Pemilihan strategi pembelajaran sangatlah penting. Artinya, bagaimana pengajar dapat memilih kegiatan pembelajaran yang paling efektif san efisien untuk menciptakan pengalaman belajar yang baik, yaitu yang dapat memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran (Gafur,1989).

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian strategi pembelajaran?
2. Apa saja jenis-jenis strategi pembelajaran?
3. Siapakah sasaran kegitan pembelajaran?
4. Bagaimana Tahapan kegiatan pembelajaran?
5. Bagaimana istilah-istilah yang terkait dalam strategi pembelajaran (model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran)?

1.3 Tujuan
1. Mengetahui, mengerti, dan memahami tentang pengertian strategi pembelajaran.
2. Mengetahui, mengerti, dan memahami tentang jenis-jenis strategi pembelajaran.
3. Mengetahui, mengerti, dan memahami tentang sasaran kegitan pembelajaran.
4. Mengetahui, mengerti, dan memahami tentang Tahapan kegiatan pembelajaran.
5. Mengetahui, mengerti, dan memahami tentang istilah yang terkait dalam strategi pembelajaran (model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran).


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Strategi Pembelajaran
Pada mulanya istilah strategi digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpulkan, bahwa strategi adalah suatu usaha atau kegiatan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan.
Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designnet to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Secara umum strategi adalah suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan.Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Jadi, dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan atau garis besar suatu cara atrau haluan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Strategi pembeljaran adalah rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran  yang terkait dengan pengelolahan siswa, guru, kegiatan pembelajaran, dan lingkungan belajar, sumber belajar, serta penilaian agar pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Kemp ( Wina Senjaya, 2008) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien, selanjutnya dengan mengutip J. R. David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelakasanaan pembelajaran. Strategi pembelajaran pada hakikatnya terkait dengan perencanaan atau kebijakan yang dirancang di dalam mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Dalam pelaksanaan pembelajaran perlu adanya hal-hal yang perlu djperhatikan yaitu:
1. Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran

a. Pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai, yaitu:
1. Apakah tujuan yang ingin dicapai berkenaan dengan aspek kognitif, afektif, atau psikomotorik?.
2. Bagaimana kompleksifitas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?

b. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran, yaitu:
1. Apakah materi pelajaran bersifat fakta, konsep, hukum, atau teori tertentu.
2. Apakah untuk mempelajari materi pembelajaran tersebut memerlukan persyaratan tertentu atau tidak?
3. Apakah tersedia buku-buku atau sumber belajar untuk materi tersebut?

c. Pertimbangan dari sudut siswa, yaitu:
1. Apakah strategi pembelajran sesuai dengan tingkat kemataangan siswa?
2. Apakah strategi pembelajaran itu sesuai dengan minat, bakat, dan kondisi siswa?
3. Apakah strategi pembelajaran itu sesuai sengan gaya belajar siswa?

d. Pertimbangan-pertimbangan lainya, yaitu;
1. Apakah untuk mecapai tujuan hanya memerlukan satu strategi saja?
2. Apakah strategi yang kirta tetapkan dianggap satu-satunya strategi yang akan digunakan?
3. Apakah strategi yang digunakan memiliki nilai efektif dan efisien?
2. Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran.
Pada dasarnya prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran adalah bahwa tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai semua tujuan pembelajaran.


2.2 Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran
1. Exposition Learning,bahwa pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan ajar tersebut. Dalam strategi pembelajaran ini guru berfungsi sebagai penyampai informasi.
2. Discovery Learning, dalam strategi ini bahan pelajaran dicari dan ditentukan sendiri oleh siswa melalui berbagai aktivitas, sehingga rtugas guru lebih banyak sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa.
3. Groups Learning, adalah belajar yang dibentuk dalam sebuah kelompok, bentuk kelompok tersebut dapat dalam kelompok bresar dan kelompok kesil.
4. Individual Learning, strategi ini dilakukan oleh siswa secara mandiri. Kecepatan, kelambatan, dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditenteukan oleh kemampuan individu itu sendiri.
5. Deduktif, strategi pembelajaran yang dilakukan dengan mempelajari konsep-konsep, atau dari hal yang abstrak menuju ke hal yang konkrit.
6. Induktif,pembelajaran yang dilakukan adalah bahan ajar yang dipelajari dimulai dari hal-hal yang konkrit ke yang abstrak.
7. Cooperative (cooperative learning), dalam prosesnya peserta didik diberi tugas untuk menyelesaikannya secara berkelompok.
8. Problem Solving, yaitu teknik untuk membantu peserta didik agar memahami dan menguasai materi pembelajaran strateegi pemecahan masalah.

2.3 Sasaran Kegiatan Pembelajaran
Setiap kegiatan pembelajran pasti memiliki sasaran atau tujuan.Tujuan tersebut bertahap dan berjenjang.Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran yaitu dari yang sederhana ke yang konkrit, yakni tujuan khusus pembelajaran tersebut, tujuan kurikuler, tujuan nasional, sampai tujuan yang bersifat universal.

2.4 Tahapan Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran sebagai suatu proses kegiatan, terdiri atas tiga fase atau tahapan. Fase-fase proses pembelajaran yang dimaksud meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanan, dan tahap evaluasi. Adapun dari ketiganya ini akan dibahas sebagaimana berikut:

1. Tahap Perencanaan.
Kegiatan pembelajaran yang baik senantiasa berawal dari rencana yang matang. Perencanaan yang matang akan menunjukkan hasil yang optimal dalam pembelajaran. Perencanaan merupakan proses penyusunan sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pelaksanaan perencanaan tersebut dapat disusun berdasarkan kebutuhan dalam jangka tertentu sesuai dengan keinginan pembuat perencanaan.Namun yang lebih utama adalah perencanaan yang dibuat harus dapat dilaksanakan dengan mudah dan tepat sasaran.
Begitu pula dengan perencanaan pembelajaran, yang direncanakan harus sesuai dengan target pendidikan. Guru sebagai subjek dalam membuat perencanaan pembelajaran harus dapat menyusun berbagai program pengajaran sesuai pendekatan dan metode yang akan di gunakan.
Dalam konteks desentralisasi pendidikan seiring perwujudan pemerataan hasil pendidikan yang bermutu, diperlukan standar kompetensi mata pelajaran yang dapat dipertanggungjawabkan dalam konteks lokal, nasional dan global.
Secara umum guru itu harus memenuhi dua kategori, yaitu memiliki capability dan loyality, yakni guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi, dan memiliki loyalitas keguruan, yakni loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah kelas.

Beberapa prinsip yang perlu diterapkan dalam membuat persiapan mengajar :
1. Memahami tujuan pendidikan.
2. Menguasai bahan ajar
3. Memahami teori-teori pendidikan selain teori pengajaran.
4. Memahami prinsip-prinsip mengajar.
5. Memahami metode-metode mengajar.
6. Memahami teori-teori belajar.
7. Memahami beberapa model pengajaran yang penting.
8. Memahami prinsip-prinsi evaluasi.
9. Memahami langkah-langkah membuat lesson plan.

Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam perencanaan pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Analisis Hari Efektif dan analisis Program Pembelajaran
Untuk mengawali kegiatan penyusunan program pembelajaran, guru perlu membuat analisis hari efektif selama satu semester. Dari hasil analisis hari efektif akan diketahui jumlah hari efektif dan hari libur tiap pekan atau tiap bulan sehingga memudahkan penyususnan program pembelajaran selama satu semester. Dasar pembuatan analisis hari efektif adalah kalender pendidikan dan kkalender umum.Berdasarkan analisis hari efektif tersebut dapat disusun analisis program pembelajaran.

2. Membuat Program Tahunan, Program Semester dan Program Tagihan
Program Tahunan
Penyusunan program pembelajaran selama tahun pelajaran dimaksudkan agar keutuhan dan kesinambungan program pembelajaran atau topik pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam dua semester tetap terjaga.
a. Program Semester
Penyusunan program semester didasarkan pada hasil anlisis hari efektif dan program pembelajaran tahunan.
b. Program Tagihan
Sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran, tagihan merupakan tuntutan kegiatan yang harus dilakukan atau ditampilkan siswa. Jenis tagihan dapat berbentuk ujian lisan, tulis, dan penampilan yang berupa kuis, tes lisan, tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, praktek, penampilan, atau porto folio.
c. Menyusun Silabus
Silabus diartikan sebagai garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran.Silabus merupakan penjabaran dari standard kompetensi, kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai standard kompetensi dan kompetensi dasar.
d. Menyusun Rencana Pembelajaran
Kalau penyusunan silabus bisa dilakukan oleh tim guru atau tim ahli mata pelajaran, maka rencana pembelajaran seyogyanya disusun oleh guru sebeleum melakukan kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran bersifat khusus dan kondisional, dimana setiap sekolah tidak sama kondisi siswa dan sarana prasarana sumber belajarnya. Karena itu, penyusunan rencana pembelajaran didasarkan pada silabus dan kondisi pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung sesuai harapan.

3. Penilaian Pembelajaran
Penilaian merupakan tindakan atau proses untuk menentukan nilai terhadap sesuatu. Penilaian merupakan proses yang harus dilakukan oleh guru dalam rangkaian kegiatan pembelajaran.
Prinsip penilaian antara lain  Valid, mendidik, berorientasi pada kompetensi, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan, menyeluruh, bermakna.

2.5 IstilahTerkait Dalam Strategi Pembelajaran yaitu Model, Pendekatan, Metode, Dan Teknik Pembelajaran.
Jika ditarik dari awal, sesuai dengan filosofisnya ada konstinuitas yang memulai dari pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, dan teknik pembelajaran.Berbagai istilah tersebut sering saling dipertukarkan atau bahkan dianggap identic.
Pendekatan pembelajaran merupakan suatu himpunan asumsi yang saling berhubungan dan terkait dengan sifat pembelajaran.Suatu pendekatan bersifat aksiomatik dan menggambarkan sifat-sifat dan ciri khas suatu pokok bahasan yang diajarkan.

Contoh Pendekatan Pembelajaran, antara lain:
1. Pendekatan Lingkungan, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui lingklungan sebagai sumber belajar.
2. Pendekatan Eksposotori, yaitu proses penyampaian materi secara verbal.
3. Pendekatan Heuristik, yaitu pengajaran dengan menyajikan sejumlah data kepada peserta didik untuk membuat kesimpulan menggunakan data tersebut.
4. Pendekatan Konstektual, yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
5. Pendekatan Konsep, yaitu pendekatan yang mengarahkan peserta didik menguasai konsep secara benar.
6. Pendekatan Ketrampilan Proses, yaitu pendekatan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengahayati proses penemuan atau penyusunan ketrampilan proses.
7. Pendektan Deduktif, yaitu pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik kesimpulan.
8. Pendekatan Induktif, yaitu pendekatan yang menekankan pada pengamatan terlebih dahulu, lalu menarik kesimpulan.
9. Pendekatan Holistik, yaitu pendekatan yang memperhitungkan faktor secara keseluruhan.
10. Dll.

Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk cara penilaian yang akan dilaksanakan. Metode pembelajaran dapat dianggap sebagai suatu prosedur atau proses yang teratur.

Contoh Metode Pembelajaran, antara lain:
1. Ceramah, yaitu penerangan secara lisan mengenai bahan pembelajaran.
2. Tanya-jawab, yaitu metode pembelajaran dimana antara guru dengan siswa, atau siswa dengan sesame siswa saling bertanya dan menjawab berbagai pertanyaan yang telah dilontarkan.
3. Diskusi, yaitu proses pelibatan beberapa siswa  untuk berinteraksi saling bertukar pendapat.
4. Pemberian tugas metode dimana guru mmberikan tugas pada siswanya untuk dikerjakan.
5. Proyek, yaitu metode pengajaran dengan menggunakan sebagian-sebagian hal inti.
6. Berbagai varian lainnya. 

Model pembelajaran hamper sama dengan metode pembelajran, model pembelajaran yaitu
Teknik pembelajaran adalah upaya untuk menjamin agar seluruh siswa di dalam kelas diberikan berbagai peluang belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
        Strategi pembeljaran adalah rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran  yang terkait dengan  pengelolahan siswa, guru, kegiatan pembelajaran, dan lingkungan belajar, sumber belajar, serta penilaian agar pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran perlu adanya hal-hal yang perlu djperhatikan yaitu:
1. Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran.
2. Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran.
Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran antara lain yaitu :Exposition Learning, Cooperative (cooperative learning),Problem Solving, dll.Setiap kegiatan pembelajran pasti memiliki sasaran atau tujuan.Tujuan tersebut bertahap dan berjenjang.Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran yaitu dari yang sederhana ke yang konkrit, yakni tujuan khusus pembelajaran tersebut, tujuan kurikuler, tujuan nasional, sampai tujuan yang bersifat universal.
Jika ditarik dari awal, sesuai dengan filosofisnya ada konstinuitas yang memulai dari pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, dan teknik pembelajaran.Berbagai istilah tersebut sering saling dipertukarkan atau bahkan dianggap identic.

3.2 Saran 
Semoga pembelajaran mata kuliah strtegi pembelajaran dapat semakin mudah dimengerti dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bervariasi serta mudah dipahami.Dan juga semoga makalah ini dapat membantu pembaca dalam mempermudah pemahaman mengenai strategi pembelajaran.Kami juga berharap untuk pembuatan makalah selanjutnya lebih baik dan lebih bervariatif lagi.


DAFTAR PUSTAKA

Rachmawati Tutik, Daryanto. 2015. Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta:Gava Media
Sanjaya Wina. 2006. strategi pembelajaran berorientasi standar prose pendidikan. Jakarta:Kencana
Soyono dan Hariyanto. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya
Dediz6.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates: