MAKALAH MEDIA AUDIO, VISUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR

MAKALAH  MEDIA AUDIO, VISUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Media atau bahan adalah perangkat lunak berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya disajikan dengan mempergunakan peralatan. Peralatan atau perangkat keras merupakan sarana untuk menampilkan pesan yang terkandung pada media tersebut.

Dalam proses belajar mengajar tentu sangat diperlukan media pembelajaran bagi setiap pendidik maupun peserta didik, oleh sebab itu dalam makalah ini penulis mengajak para pembaca untuk supaya lebih mengetahui apa itu media audio, visual, dan lingkungan belajar. Dan supaya mengetahui macam- macam media dan fungsi-fungsinya dalam proses belajar mengajar. Dalam makalah ini juga dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam media, yaitu media audio, media visual, dan lingkungan belajar.

1.2 Rumusan Masalah

1. Apa pengertian media audio ?
2. Apa pengertian media visual ?
3. Apa pengertian lingkungan belajar ?
4. Apa saja fungsi dari media audio, visual dan lingkungan belajar ?
5. Apa kelebihan dan kekurangan media audio, visual dan lingkungan belajar ?

1.3 Tujuan Masalah

1. Memahami pengertian media audio.
2. Memahami pengertian visual.
3. Memahami pengertian lingkungan belajar.
4. Memahami fungsi dari media audio, visual dan lingkungan belajar.
5. Memahami kelebihan dan kekurangan media audio, visual dan lingkungan belajar.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN MEDIA AUDIO
Yang dimaksud dengan media dengar (Media Audio) adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran saja.

Media Audioadalah suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil rekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.

Media Audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal ( ke dalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.

Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) Media Audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar – mengajar.

Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
• Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
• Personal
• Cenderung satu arah
• Mampu menggugah imaginasi

Kaitannya dengan audio sebagai media pembelajaran , dapat disimpulkan bahwa Media Audio Pembelajaran yaitu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara - suara ataupun bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara , kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.

Contoh Macam – Macam Media Audio :

1. Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa – peristiwa penting dan baru, masalah – masalah kehidupan dan sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif. Media ini juga mampu merangsang partisipasi aktif bagi si pendengar.

Kekurangan media radio:
• Hanya selintas,Hanya mengandalkan suara,Tidak dapat diulang,Cenderung satu arah.

Kelebihan media radio:
• Personal,Cepat,Jangkauan luas, Imajinatif,Sederhana,Murah dan mudah,Siaran langsung.

2. Alat perekam magnetic / Tape Recorder
Alat perekam magnetik atau tape recorder adalah salah satu alat elektronik yang mampu merekam suara secara manual dan merupakan salah satu media yang memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. Alat ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.

3. Kaset Kaset adalah alat penyimpan file audio yang berbentuk pita kaset. Setiap pita kaset mampu menyimpan file audio yang berdurasi sekitar 1 jam di setiap sisinya. Kualitas suaranya cukup baik. Penurunan kualitas suara dapat terjadi jika pita kaset rusak, jamuran, kotor dan lain-lain. Alat untuk memutar kaset bisa berupa radio tape, tape deck atau bisa juga diputar dengan menggunakan walkman.

5. CD dan DVD 
CD ( Compact Disc ) dan juga DVD ( Digital Compact Disc ) adalah sebuah mediapenyimpanan file audio yang dibuat untuk merampingkan sistem penyimpanannya. Selain ramping, keduanya memiliki kemampuan menyimpan file yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pita kaset. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus. Kualitas suara akan menurun atau bahkan hilang jika permukaandisc tergores, kotor, berjamur atau mengalami kerusakan lainnya. Alat yang diperlukan untuk memutar CD atau DVD audio adalah CD player dan atau DVD player.

6. (MP3)
MP3 merupakan salah satu bentuk (format) penyimpanan file audio digital yang dianggap popular saat ini. Disamping ukuran filenya yang lebih kecil, MP3 juga memberikan kualitas suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan CD audio. Alat untuk memutar MP3 adalah MP3 player. Selain itu MP3 juga bisa diputar dengan iPod.

7. Audio Digital (WAV) 
WAV atau Waveform audio format, merupakan salah satu format penyimpanan file audio yang dirancang dan dikembangkan oleh microsoft dan IBM. Perangkat yang diperlukan untuk memutar WAV salah satunya adalah iPod.


2.2 PENGERTIAN MEDIA VISUAL
Media Visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.

Apabila dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan menarik, efektif dan efesien. Dipilih media visual karena kita harus ingat bahwa peserta didik khususya nak-anak terutama siswa sekolah dasar karena mereka masih berfikir konkrit, semua yang guru sampaikan harus mereka buktikan sendiri dengan mata mereka, kemudian media visual merupakansumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang di buat secara menarikdalam bentuk kombinasi gambar,teks,gerak dan animasi yang di sesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat menarik peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran akan menyenangka dan tidak menjenuhkan.

Contoh Macam – Macam Media Visual :

1. Media Visual Diam : Foto, buku, majalah, surat kabar, gambar kartun, film bingkai/slide, grafik, bagan, diagram, sketsa, poster, peta dan globe.

2. Media Visual Gerak : Film bisu.



2.3 PENGERTIAN LINGKUNGAN BELAJAR
Lingkungan belajar oleh para ahli sering disebut sebagai lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan adalah segala kondisi dan pengaruh dari luar terhadap kegiatan pendidikan.
Sedangkan menurut Tirtarahardjadanlingkungan pendidikan adalah latar tempat berlangsungnya pendidikan.

Berdasarkan pengertian dari definisi-definisi di atas dapatdisimpulkan bahwa yang dimaksud lingkungan belajar adalah tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang mendapatkan pengaruh dari luar terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut.

Contoh Macam – Macam Lingkungan Belajar :

Menurut Ki Hajar Dewantara, lingkungan pendidikan mencakup:
1) lingkungan keluarga,
2) lingkungan sekolah, dan
3) lingkungan masyarakat.

Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan yang akan mempengaruhi manusia secara bervariasi.



2.4 FUNGSI MEDIA AUDIO, VISUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR

1. Fungsi Media Audio
Fungsi media audio adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapat dicapai dengan media audio ialah berupa :

1. Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian.
2. Mengikuti pengarahan.
3. Melatih daya analisis.
4. Menentukan arti dan konteks.
5. Memilah informasi dan gagasan.
6. Merangkum , mengingat kembali dan menggali informasi.
2. Fungsi Media Visual

Dalam penggunaannya media visual memiliki fungsi antara lain:

1. Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari factor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak. Seperti ketersediaan buku, dan sebagainya, media pembelajaran dapat mengatasi hal tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari.maka obyeknyalah yang di bawa ke peserta didik. Obyek yang di mkasud bias dalam bentuk nyata, miniature,model, maupun bentuk gambar-gambaryang dapat disajikan.

2. Media visual memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.

3. Media visual dapat menanamkan konsep dasar,yang benar ,konkrit dan realistiskan.

4. Media visual membangkiktan .keinginan dan minat baru.

5. Media visual akan mengakibatkan perubahan efektif ,kognitif dan psikomotorik.

6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.


3. Fungsi Lingkungan Belajar :

1. Lingkungan keluarga sebagai dasar pembentukan sikap dan sifat manusia.
2. Lingkungan sekolah sebagai bekal skill dan ilmu pengetahuan.
3. Lingkungan masyarakat merupakan tempat praktek dari bekal yang diperoleh di keluarga dan sekolah sekaligus sebagai tempat pengembangan kemampuan diri.



2.5 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA AUDIO, VISUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR

A. Media Audio

Kelebihan Media Audio adalah :
1.  Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
2.  Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
3.  Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
4.  Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
5.  Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa.
6.  Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar tergantikan.
7. Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
8. Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar topik.
9. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.

Kekurangan Media Audio, adalah :
1. Media Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
2. Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
3. Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.


B. Media Visual

Kelebihan media visual yaitu:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
2. Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3. Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya.
4. Analisa lebih tajam,dapat membuat orang benar-benr mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapt membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.

Kekurangan media visualyaitu :
1. Lambat, dan kurang praktis
2. Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar. sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan.
3. Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
4. Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.

C. Lingkungan Belajar
Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran, antara lain :
1. Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan dibandingkan duduk di kelas selama berjam-jam, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi.
2. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan langsung dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.
3. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.
4. Kegiatan belajar lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan atau mendemonstrasikan, dan menguji fakta.
5. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari sangat beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lain-lain.
6. Siswa juga lebih dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada dilingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan di sekitarnya, serta dapat memupuk rasa cinta akan lingkungan.

Sedangkan kelemahan dari penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran antara lain :
1. Tidak seperti pelajaran dalam kelas, pelajaran diluar kelas harus disiapkan secara matang karena jika kurang persiapan sebelumnya akan menyebabkan ada kesan main-main ketika pelajaran berlangsung.
2. Adanya anggapan belajar dengan lingkungan memerlukan waktu yang relatif lama, padahal pelajaran cukup dilakukan selama beberapa menit saja kemudian dilanjutkan dikelas.
3. Banyak guru yang masih berpandangan sempit bahwa belajar hanya dilakukan didalam kelas.


BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Media Audio pembelajaran, adalah suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil rekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.
Media Visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.

Lingkungan belajar oleh para ahli sering disebut sebagai lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan adalah segala kondisi dan pengaruh dari luar terhadap kegiatan pendidikan.

         Fungsi media audio : untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, Fungsi Media Visual : dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik dan dapat melampaui batasan ruang kelas, Fungsi Lingkungan Belajar : Lingkungan keluarga sebagai dasar pembentukan sikap dan sifat manusia, Lingkungan sekolah sebagai bekal skill dan ilmu pengetahuan, Lingkungan masyarakat merupakan tempat praktek dari bekal yang diperoleh di keluarga dan sekolah sekaligus sebagai tempat pengembangan kemampuan diri.

          Kelebihan dan Kekurangan media audio, visual, dan lingkungan belajar : kelebihannya dapat memperjelas pemahaman materi, sedangkan kekurangannya sebagian media relative mahal.

3.2 SARAN
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA
Daryanto, 2011, Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Sadiman, 2005, Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Anas, Muhammad, 2008, Alat Peraga dan Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.

Subscribe to receive free email updates: